Jenis Sayuran, Jadi Alternatif Pengganti Daging!

Sayuran yang kaya akan serat dan vitamin mungkin sudah umum bagi banyak orang. Hampir semua sayuran pasti memiliki kandungan tersebut. Namun sayangnya hanya sedikit yang memiliki kandungan protein di dalamnya. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa protein bisa berasal dari sayuran.

Sayuran yang kaya protein ini bisa jadi alternatif bagi mereka yang menghindari daging. Hal ini karena protein memang penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Protein berfungsi untuk membangun dan memperbaiki sel tubuh. Oleh karena itu, setiap orang harus mengkonsumsi makanan berprotein.

Sayuran apa saja sih yang termasuk memiliki kandungan protein tinggi? Berikut penjelasanya.!


1. Bayam
Sayuran tinggi protein yang pertama adalah bayam. Dalam 100 gram bayam, terdapat sekitar 2,86 gram protein. Selain itu, bayam juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti zat besi yang berperan dalam produksi sel darah merah dan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, asam folat pada bayam juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satu manfaatnya adalah mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

2. Sawi hijau
Sama seperti bayam, dalam 100 gram sawi hijau juga mengandung 2,86 gram protein. Tidak hanya tinggi protein, sayuran yang sering ditambahkan ke dalam semangkuk mie ayam ini juga tinggi serat yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan serta kalsium dan kalium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, sawi hijau juga tinggi vitamin A yang mampu menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan sistem reproduksi.

3. Brokoli
Brokoli dikenal dengan kandungan kalium dan vitamin K yang cukup tinggi. Bahkan, sayuran ini memiliki beragam nutrisi maupun senyawa yang berkhasiat untuk mempertajam indra penglihatan, yaitu vitamin A, lutein, dan zeaxanthin. Meski tidak banyak orang yang tahu, sayur ini juga tinggi protein, lho. Dalam 100 gram brokoli, setidaknya terdapat 2,82 gram protein.

4. Kembang kol
Sayuran tinggi protein berikutnya adalah kembang kol. kembang kol menyediakan protein dalam jumlah tinggi untuk tiap kalori yang dihasilkannya. 100 g kembang kol mengandung 1,9 g protein dan 25 kalori. Protein menyumbang 31% kalori dalam kembang kol. Kembang kol kaya akan vitamin C vitamin K. yang baik. Kembang kol mengandung kalsium, zat besi, magnesium, dan fosfor. Sama seperti brokoli, kembang kol juga mengandung glukosinolat tertentu yang disebut sinigrin, yang memiliki sifat antikanker, antioksidan, dan anti-inflamasi.

5. Jagung manis
Tidak hanya sebagai sumber karbohidrat, jagung juga merupakan sayuran mengandung protein. Satu bonggol jagung kurang lebih seberat 100 gram mengandung 3,4 gram protein dan 2,4 gram serat. Untuk menyajikannya bisa dibuat bakwan jagung, puding jagung, atau sederhananya jagung rebus atau bakar.

6. Kacang hijau
Kacang hijau merupakan jenis sayur yang paling tinggi kandungan proteinnya. Kandungan protein dalam satu cangkir kacang hijau bisa mencapai 8,24 gram.

7. Ubi
Ubi jalar bisa jadi sumber nutrisi yang baik. Sayuran ini juga biasa dipilih sebagai pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya. Namun selain karbohidrat, ubi jalar juga mengandung protein. Satu ubi jalar bisa mengandung 5 gram protein di dalamnya.


Nah, itulah pilihan sayuran yang mengandung protein tinggi sebagai alternatif pengganti daging. Yuk penuhi kebutuhan protein harian dengan aneka sayur dari Yogya Online! Semoga bermanfaat!!

Tampilkan Susun Daftar

8 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Sayur
    Brokoli 400gr
    Rp 22.600
    Quickview
  2. Sayur
    Ubi Jepang 1000gr
    10%
    Regular Price Rp 18.250 Special Price Rp 16.450
    Quickview
  3. Sayur
    Jagung Manis Kulit 1kg
    10%
    Regular Price Rp 17.950 Special Price Rp 16.200
    Quickview
  4. Sayur
    Bunga Kol 650gr
    Rp 22.750
    Quickview
  5. Sayur
    Sweet Corn 1000gr
    10%
    Regular Price Rp 21.250 Special Price Rp 19.150
    Quickview
  6. Sayur
    Ubi Cilembu 1000gr
    10%
    Regular Price Rp 18.250 Special Price Rp 16.450
    Quickview
  7. Greenfield
    Greenfield Bayam Hijau 250gr
    Rating:
    100%
    Rp 10.750
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

8 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi