Ini Bedanya Barbeque dan Grill Buat Tahun Baruan

Perbedaan antara barbeque dan grill dapat membingungkan bagi beberapa orang karena keduanya menggunakan peralatan yang sama. Banyak orang Indonesia mengira bahwa barbeque dan grill adalah teknik masak yang sama. Anggapan ini sering terjadi khususnya pada pesta tahun baru. Teknik masak bakar (grill) bahan makanan sering disebut barbeque / barbekyu / barbecue / bbq. Padahal nyatanya, barbeque dan grill adalah teknik masak yang berbeda.


Apa itu barbeque ?
Barbeque merupakan teknik memasak daging dengan menggunakan panas tidak langsung. Panasnya datang berupa asap dari proses pembakaran kayu. Jadi, bisa dibilang bahwa barbeque merupakan daging yang dimatangkan dengan proses pengasapan. Teknik ini membutuhkan waktu 3-16 jam pematangan bahan bergantung kepada jenis dan besar daging. Suhunya juga rendah. Biasanya, setelah dimatangkan, daging akan mengalami penyusutan sebesar 50% sehingga rasanya terkonsentrasi di daging tersebut.


Apa itu grill?
Sebaliknya, deskripsi grill merujuk kepada proses pematangan bahan dengan menggunakan panas langsung dengan waktu yang pedek. Bahan diletakkan di grill atau pemanggang, baik yang berupa pemanggang datar maupun pemanggang arang. Karena panasnya langsung, waktu yang digunakan tidak lama.


Apa perbedaan barbeque dan grill?

1. Meskipun keduanya melibatkan penggunaan panas tanpa minyak untuk memasak makanan, panggangan memanfaatkan panas langsung tingkat tinggi sedangkan BBQ melibatkan panas tingkat rendah atau panas tidak langsung.

2. Ketika memanggang dilakukan, suhu memasak seringkali sekitar 500F atau lebih. Ketika datang ke suhu yang digunakan dalam BBQ, itu sekitar 225F atau kurang.

3. Memanggang memasak daging dalam hitungan menit sementara BBQ membutuhkan beberapa jam, bahkan sehari untuk memasak daging.

4. Potongan daging yang mahal dan berkualitas tinggi membutuhkan pemanggangan karena panas BBQ yang rendah membuat daging menjadi keras dan kering, menghisap semua kelembaban.

5. Potongan daging murah lebih cocok untuk BBQ karena panas tingkat rendah selama beberapa jam membuatnya empuk.

6. Potongan daging murah lebih cocok untuk BBQ karena panas tingkat rendah selama beberapa jam membuatnya empuk.

7. Perbedaan besar lainnya adalah penyerapan asap dari kayu di piring BBQ yang tidak ada dalam makanan panggang.

8. Memanggang juga enak karena panas tinggi yang digunakan dalam memanggang mengaramel permukaan daging dan menghentikan jus keluar.

 
Jadi, sekarang kamu sudah tahu perbedaan barbeque dan grill (memanggang), Jangan sampe tertukar ya Kamu bisa memilih metode yang paling kamu sukai untuk memasak. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

9 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Maxim
    Maxim Ultra Grill_1c6p
    Rp 279.000
    Quickview
  2. Maspion
    Maspion Mastro Grill 38cm Blgpbg11
    10%
    Regular Price Rp 239.900 Special Price Rp 215.910
    Quickview
  3. Maspion
    Maspion Fancy Grill Blgaf02
    10%
    Regular Price Rp 149.900 Special Price Rp 134.910
    Quickview
  4. Maspion
    Maspion Mastrogrill 32cm Blgpbg10
    10%
    Regular Price Rp 199.900 Special Price Rp 179.910
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

9 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi