Fakta Unik Kolak Hidangan saat Berbuka Puasa

Bulan Ramadhan selalu identik dengan hidangan kolak. Memang kolak bisa dibikin kapan saja, tetapi tetap akan terasa nikmat jika disantap saat berbuka puasa. Kolak yang terbuat dari rebusan santan dan gula aren dengan isian pisang kepok, ubi, kolang kaling atau singkong sangat nikmat rasanya untuk dijadikan takjil saat berbuka puasa. Selain rasa yang nikmat, gurih dan identik dengan puasa Ramadhan, kolak juga memiliki fakta unik yang mungkin belum banyak diketahui. Penasaran seperti apa? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

Fakta Nama Kolak
Sejarah menyatakan bahwa kolak diambil dari kata Khalik yang berarti Sang Pencipta atau Tuhan. Konten penamaan ini yang menjadi salah satu media para ulama menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.


Filosofi Kolak
Di pulau Jawa, kolak digunakan sebagai salah satu media penyebaran agama Islam oleh Wali Songo. Dipilihnya kolak karena bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan dan juga memiliki filosofi tersendiri.

1. Pisang
Pisang yang digunakan untuk kolak yang paling pas adalah pisang kepok. Kepok atau kapok dalam bahasa Jawa artinya jera atau menyesal di mana manusia hendaknya jera atau menyesal akan perbuatan dosa yang dilakukannya dan selalu ingat untuk tidak mengulanginya.

2. Ubi
Ubi oleh masyarakat jawa dikenal dengan telo pendem. Makna yang diambil adalah manusia hendaknya mengubur kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat dengan berjanji tidak akan mengulanginya lagi agar bisa melanjutkan hidup dengan mencari rida Allah Swt.

3. Santan
Merupakan bahan yang paling penting karena yang membuat kolak terasa nikmat. Santan di sini memiliki filosofi sebagai pelebur di mana manusia diajarkan untuk bisa memberi dan meminta maaf akan semua kesalahan.


Macam-Macam Kolak
Pada awal keberadaannya, jika kolak hanya pisang dan ubi, seiring berkembangnya zaman, kolak banyak memiliki varian isi seperti kolak labu, kolak durian, kolak biji salak, kolak ketan kelapa muda, kolak bola pelangi, kolak kolang kaling, dan masih banyak lagi aneka macam kolak saat ini. Jika kamu berkunjung ke Malang, selain kolak durian ada juga pie kolak pisang yang akan kamu jumpai, bahkan di Gresik kolak dimodifikasi menjadi lauk pauk, yaitu kolak ayam sanggring. Bahan dasarnya sama hanya isiannya yang diganti dengan daging ayam jago. Kolak ayam sanggring ini sangat nikmat disantap dengan nasi hangat.

 

Cara Memasak Yang Mudah
Cara memasak kolak pun sangat mudah. Jika kamu ingin membuat kolak secara komplit, berikut bahan yang harus disiapkan beserta caranya.

Bahan-bahan :
1500 ml air
400 gram gula merah, sisir halus
2 lembar daun pandan, buat simpul
4 buah pisang tanduk, potong 3 cm
200 gram singkong
100 gram pacar cina, rebus matang
100 gram kolang kaling, rebus
150 gram Labu parang, belah dua memanjang
1 sendok teh garam
800 ml santan dari 1 butir kelapa

Cara membuat :
1. Rebus air, gula merah, daun pandan, dan garam sampai mendidih.
2. Masukkan pisang, singkong, kolang-kaling, labu parang kemudian aduk rata.
3. Rebus di atas api kecil sampai matang.
4. Tambahkan pacar cina. Aduk rata.
5. Tuangkan santan sambil diaduk perlahan sampai matang dan kental.

Itulah fakta unik tetang kolak yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat! Yuk bikin kolak untuk takjil kamu hari ini.

Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Sayur
    Labu Parang 2kg
    30%
    Regular Price Rp 36.000 Special Price Rp 25.415
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

5 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi