Fakta Unik Ketupat yang Jarang Kamu Tahu

Ketupat menjadi menu wajib yang harus ada di meja saat hari raya Lebaran. Terbuat dari beras yang dibungkus anyaman daun kelapa muda (Janur) ini bisa dinikmati dengan olahan masakan lainnya. Misalnya ketupat sayur, gulai daging, opor ayam dan sebagainya. Ternyata ketupat bukan hanya makanan khas Idul Fitri aja sebenarnya, ada beberapa fakta unik tentang ketupat yang perlu kamu tahu. Seperti apa fakta uniknya?? Yuk simak dibawah ini.

1. Berawal dari Sunan Kalijaga
Sunan Kalijaga adalah orang pertama yang memperkenalkan ketupat pada masyarakat Jawa. Sunan Kalijaga juga membudayakan dua tradisi bakda saat memperkenalkan ketupat, yakni Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bedanya, Bakda Lebaran dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri, sedangkan Bakda Kupat dilakukan seminggu pasca lebaran. Nah saat Bakda Kupat, banyak rumah di Jawa menganyam ketupat memakai daun kelapa muda. Selesai dimasak, ketupat diantarkan ke kerabat yang lebih tua. Lambat laun ketupat pun menjadi simbol kebersamaan Umat Islam.

2. Tidak hanya identik dengan Idul Fitri
Ketupat ternyata juga dipakai untuk beraneka macam momen. Di Bali, ketupat dipakai untuk sesajen saat Hari Raya Hindu Bali Kuningan. Masyarakat Ternate juga memakai ketupat pada Upacara Saro.

3. Simbol permintaan maaf
Saat sudah dicampur dengan lauk bersantan, ketupat menjadi simbol permintaan maaf. Namanya pun berganti menjadi kupa santen. Dalam budaya Jawa, kupa santen berarti ‘kulo lepat nyuwun ngapunten’ atau bila diartikan dalam Bahasa Indonesia menjadi ‘saya salah, mohon maaf.’

4. Penolak bala
Beberapa daerah di Jawa mengganggap ketupat sebagai penolak bala. Caranya ketupat digantung di atas pintu supaya terhindari dari hal-hal buruk.

5. Memiliki banyak nama
Ketupat punya beragam nama berbeda di berbagai daerah. Ketupat di Jawa dan Sunda bisa disebut dengan Kupat. Di Bali lebih akrab dengan Tipat. Masyarakat Minangkabau mengenal ketupat dengan Katupek. Masyarakat Madura menyebutnya Ketopak.

6. Memiliki makna yang unik
Ketupat memiliki makna yang unik, mulai dari anyaman ketupat yang rumit menjadi makna kesalahan manusia. Sebab, kesalahan manusia itu rumit dan saling berhubungan satu sama lainnya seperti anyaman ketupat. Sedangkan beras di dalamnya bermakna kesucian hati. Saat ketupat dipotong, itu berarti kita telah melepaskan segala kesalahan atau dosa selama puasa, serta membuat kita akan kembali suci dan putih seperti beras atau nasi.

Itulah beberapa fakta unik tentang ketupat yang mimin kutip dari beberapa sumber. Ternyata dibalik rasanya yang enak, ketupat memiliki sarat makna. Yolers Mau bikin ketupat sendiri untuk lebaran nanti? Kalau nggak mau repot dan takut gagal, bisa beli produk Nona Ketupat di Yogya Online!. Setiap ketupat sudah dikemas dalam plastik tahan panas. Tinggal cuci dan rebus. Dalam satu jam ketupat pun siap disantap. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

1 Item

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

1 Item

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi