Fakta Unik: Jika Orang Tua Lalai Mengganti Popok si Kecil

Kebiasaan orang tua yang kerap keliru adalah membiarkan anaknya memakai popok terlalu lama tanpa diganti, dengan alasan belum penuh. Padahal hal tersebut akan menimbulkan penyakit pada si kecil. Berikut beberapa penyakit yang timbul jika terlalu lama mengganti popok.

1. Diaper rash
Atau biasa juga disebut ruam popok. Ini kerap terjadi pada bayi, jika orang tua lupa mengganti popok yang sudah penuh. Biasanya ditandai dengan kulit sekitar selangkangan merah dengan tonjolan merah lembut yang menyebar ke perut dan paha anak. Ada pula yang menjadi sedikit bengkak dan hangat saat disentuh. Karena hal tersebut bayi akan menjadi rewel karena gatal dan kemerahan yang dialami.

2. Infeksi jamur kulit
Infeksi jamur kulit memiliki tanda yang mirip dengan ruam popok. Itu terjadi karena popok yang sudah penuh menghambat sirkulasi udara, sehingga kulit menjadi lembab. Kondisi inilah yang membuat jamur akan tumbuh di kulit bayi. Selain itu, pH kulit juga akan menjadi asam yang memudahkan pertumbuhan jamur.

3. Infeksi saluran kemih
Ini hal yang paling buruk jika sering lalai mengganti popok. Infeksi saluran kemih jika dibiarkan dan berulang, akan menurunkan fungsi ginjal atau luka jaringan parut pada organ ginjal. Lagi-lagi itu dikarenakan kondisi yang lembab, menyebabkan bakteri gampang berkembang.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, sebaiknya popok bayi rutin diganti. Bayi baru lahir hingga berusia satu bulan, idealnya diganti setiap 1-2 jam sekali. Satu bulan keatas bisa mengganti popok setiap 3 jam sekali. Tetapi jika buang air besar (BAB) harus langsung diganti tanpa mengenal waktu.

Selain mengganti popok, hal yang tak kalah penting yaitu membersihkan area kelamin bayi. Sebelumnya pastikan dahulu tangan kita bersih, lalu bersihkan dengan mulai dari depan ke arah belakang. Karena jika melakukan dari arah belakang, memungkinkan kuman di anus pindah ke kemaluan yang bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.

Jika ingin menggunakan diaper cream atau bedak, pastikan hanya dipakai di area lipatan paha atau anus. Karena jika digunakan di area kemaluan khawatir menjadi sarang jamur. Sebelum penggunaan cream pastikan dahulu kulit bayi telah benar-benar kering.

Nah Parents, selalu ingat kesehatan dan pertumbuhan si kecil selalu menjadi yang utama. Untuk rekomendasi produk-produk popok bisa langsung lihat di bawah ya.

Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Sweety
    Sweety Bronze Pants Xl 26 1c8
    18%
    Regular Price Rp 65.350 Special Price Rp 53.900
    Quickview
  2. Sweety
    Sweety Bronze Pants L 30_28 1c8
    13%
    Regular Price Rp 61.550 Special Price Rp 53.900
    Quickview
  3. Sweety
    Sweety Bronze Pants M 34_321c8
    13%
    Regular Price Rp 61.450 Special Price Rp 53.800
    Quickview
  4. Sweety
    Sweety Bronze Pants Super Jumbo Xxl34 _1c6p
    9%
    Regular Price Rp 89.450 Special Price Rp 81.900
    Quickview
  5. Sweety
    Sweety Silver Pants Xxl 36_32 1c6
    9%
    Regular Price Rp 111.350 Special Price Rp 101.900
    Quickview
  6. Sweety
    Sweety Silver Pants M46_m38 1c8
    16%
    Regular Price Rp 91.150 Special Price Rp 76.900
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi