Fakta Unik: Eucalyptus dan Manfaatnya, Yang Dipercaya Anti Corona

Tanaman eucalyptus baru-baru ini ramai diperbincangkan, karena adanya ungkapan dari pihak Kementrian Pertanian (Kementan) bahwa tanaman ini memiliki antivirus yang dipercaya ampuh mematikan corona atau Covid-19, walaupun untuk itu belum ada penelian yang pasti untuk membuktikannya. Meskipun demikian eucalyptus terbukti ampuh menjadi antivirus pada virus influenza, virus Beta dan Gamma corona yang hasilnya bisa memusnahkan 80 - 100 persen virus.

Tanaman herbal yang terdiri dari ratusan jenis dan tersebar ke seluruh dunia ini memang terkenal karena kandungan antimikroba, antiinflamasi, dan antivirus. Oleh karena itu pula tanaman ini banyak diolah dalam bentuk minyak. Berikut beberapa manfaat minyak eucalyptus:

1. Meredakan batuk dan pilek
Eucalyptus merupakan bahan umum yang terkandung dalam obat pilek, flu, dan batuk yang bisa mengurangi volume lendir dan memperluas bronkus dan bronkiolus paru-paru. Eucalyptol atau juga dikenal sebagai cineole, dapat mengurangi gejala pilek seperti hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan sakit kepala dengan mengurangi peradangan dan penumpukan lendir. Ketika merasakan gejala pilek, hiruplah uap minyak eucalyptus karena berfungsi sebagai dekongestan alami yang membantu melegakan pernapasan. Selain itu bisa juga dioleskan ke bagian leher dan dada agar aromanya tercium.

2. Meringankan asma dan sinusitis
Selain untuk mengatasi keluhan berupa batuk dan pilek, minyak eucalyptus juga bermanfaat untuk meringankan masalah pada pernapasan seperti asma dan sinusitis. Minyak ini tidak sekedar mengurangi cairan, namun juga membantu mencairkan dahak sehingga dapat lebih mudah dikeluarkan. Selain itu, minyak eucalyptus kemungkinan mengandung zat yang dapat meredakan gejala asma, seperti sesak napas.

3. Meringankan keluhan sakit kepala
Secara umum, memang minyak eucalyptus tidak mampu menyembuhkan sakit pada kepala. Namun, minyak eucalyptus yang pada dasarnya hangat memiliki kemampuan untuk menenangkan kepala yang sakit.

4. Mengurangi nyeri sendi
Eucalyptus bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat penyakit pengapuran sendi dan radang sendi. Ini dikarena ekstrak eucalyptus bertindak sebagai pereda nyeri dan bersifat analgesik. Dalam sebuah penelitian American Journal of Physical Medicine & Rehabilitation, salep yang mengandung eucalyptus yang dioleskan pada permukaan kulit dapat mengobati nyeri otot, keseleo, radang sendi, memar, dan sakit punggung.

5. Mengatasi bau mulut
Penelitian Journal of Periodontology, produk perawatan gigi dan mulut yang berbasis eucalyptus dapat mencegah kerusakan gigi, dengan menumpas bakteri dan menghilangkan penumpukan plak. Selain itu, minyak eucalyptus memiliki manfaat mengatasi bau mulut, karena kandungan antibakterinya yang membunuh kuman penyebab bau mulut.

6. Mengusir serangga
Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengonfirmasi bahwa minyak eucalyptus merupakan bahan yang efektif untuk mencegah gigitan nyamuk. Mirip dengan sereh, eucalyptus juga memiliki aroma yang kuat yang dapat mengganggu indra penciuman nyamuk.

Berikut beberapa produk yang mengandung eucalyptus

Tampilkan Susun Daftar

8 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

8 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi