Fakta Menarik Sarapan Oatmeal

Oats adalah biji gandum kering yang dapat diolah menjadi makanan berupa oatmeal. Di dalam oats terkandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti karbohidrat, lemak sehat, protein, serat, vitamin B1, B2, B3, B6, B9, magnesium, fosfor, kalium, kalsium, dan zat besi.

Bukan makan malam atau makan siang, tapi justru sarapan yang disebut oleh berbagai penelitian sebagai "waktu makan paling penting". Oleh karena itu memilih sarapan yang sehat itu sangat direkomendasikan. Menurut pakar-pakar gizi sangat merekomendasikan satu jenis makanan agar dikonsumsi rutin untuk sarapan, yaitu oats. Kamu hanya cukup menyeduhnya hingga berbentuk seperti bubur kemudian dapat langsung disantap.

Berikut fakta-fakta menarik sarapan oatmeal :

1. Oat memiliki sumber energi yang tahan lebih lama
Sumber energi utama oats adalah karbohidrat kompleks yang kaya akan serat larut. Glukosa yang dihasilkan pun akan lebih lambat diserap oleh sistem pencernaan. Apa imbasnya? Sumber energi yang diperoleh jadi bisa tersimpan lebih lama di dalam tubuh, sehingga aktivitasmu bisa terjaga dalam jangka panjang.

 

2. Memiliki kandungan protein, vitamin, dan mineral yang tinggi
Protein adalah salah satu sumber energi yang terkandung dalam oats dan juga menunjang fakta pertama tadi. Apalagi dengan kadarnya yang cukup tinggi di dalam oats, protein ini juga bisa membantu meningkatkan produktifitas hormon dan enzim tubuh.

 

3. Kandungan serat di dalamnya sangat tinggi
Banyak peneliti dan pakar gizi yang menyarankan oats sebagai sumber serat harian. Kenapa begitu? Dengan mengonsumsi 100 gram sajian oats (setara semangkuk oats), tubuh menerima 9.4 gram serat larut yang bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harian manusia sebanyak 25 gram. Jumlah serat pada oats tadi 7 kali lebih banyak ketimbang mengonsumsi nasi dalam jumlah yang sama.

Kalau serat harian bisa mencukupi, tubuh akan terhindar dari konstipasi karena serat bisa membuat sisa makanan yang diserap tubuh menjadi lembut. Selain itu, serat juga terbukti bisa mengurangi risiko terkena penyakit serius seperti kanker perut, dan diabetes stadium 2.

 

4. Oats mengandung serat beta-glucan yang bisa menjaga kesehatan jantung
Ada satu jenis serat yang hanya terkandung dalam oats, yaitu beta-glucan (Oat β-glucan). Serat larut ini membentuk gel kental yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bila oats dikonsumsi secara rutin, peredaran darah pada tubuh bisa terus terjaga, sehingga jantung pun menjadi lebih sehat.

 

Itulah fakta menarik sarapan oatmeal yang mimin lansir dari intisari.grid.id. Selain praktis dan mengenyangkan, sarapan oats memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Supaya lebih enak, kamu bisa menambahkan irisan buah-buahan, madu, sayuran, atau ayam kedalam oatmeal sesuai selera, sehingga menjadi sajian sarapan lezat yang bernutrisi. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

17 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Quaker
    Quaker Oatmeal Cooking 800gr_1c12p
    20%
    Regular Price Rp 49.100 Special Price Rp 39.300
    Quickview
  2. Granolab
    Granolab Oat Crunh Beef Floss 50g_1c24p
    10%
    Regular Price Rp 10.350 Special Price Rp 9.315
    Quickview
  3. Granolab
    Granolab Oat Crunh Berry Yogurt 50g_1c24p
    10%
    Regular Price Rp 10.350 Special Price Rp 9.315
    Quickview
  4. Granolab
    Granolab Oat Crunh Chocotella 50g_1c24p
    10%
    Regular Price Rp 10.350 Special Price Rp 9.315
    Quickview
  5. Bobs Red Mill
    Brm Gf Oatmeal Classic 51g_1c12p
    Rp 64.650
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

17 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi