Fakta Menarik Kue Ulang Tahun yang harus Diketahui

Perayaan ulang tahun biasanya identik dengan hadirnya kue ulang tahun. Ada beragam jenis kue ulang tahun, paling umum berupa kue bolu lembut. Di banyak negara, ketika momen perayaan ulang tahun, kue bolu lembut menjadi utama yang selalu disuguhkan kepada orang yang sedang berulang tahun. Namun tidak hanya itu, kue ulang tahun juga memiliki beragam fakta menarik yang mungkin belum diketahui.

Melansir dari kompas.com berikut 6 fakta menarik tentang kue ulang tahun.

1. Tradisi tiup lilin diawali oleh orang Yunani
Bukan sekedar kue ulang tahun, perayaan kue ulang tahun saat ini dilengkapi dengan tradisi tiup lilin. Tradisi ini sudah dimulai oleh orang Yunani Kuno saat menyiapkan kue sebagai bentuk pemujaan kepada Artemis, dewi bulan dan perburuan. Lilin sengaja diletakkan di atas kue agar kue bersinar seperti bulan. Selain itu asap dari lilin juga dipercaya oleh orang Yunani Kuno akan membawa keinginan mereka kepada para dewa.

 

2. Bangsa romawi mulai merayakan perayaan ulang tahun
Sebelum menjadi tradisi umum di dunia, perayaan ulang tahun hanya bisa dilakukan oleh tokoh agama. Bangsa Romawi merupakan kelompok pertama yang membuat perayaan ulang tahun untuk orang biasa lengkap dengan kue dan lilin. Bangsa Romawi memulai perayaan kue ulang tahun menggunakan kue khusus yang dipanggang dengan tepung terigu, kacang-kacangan, ragi dan madu.

 

3. Bisa dibuat dari beragam jenis kue
Ada beragam jenis kue ulang tahun yang bisa dilapisi dan dihias dengan berbagai bahan. Dasar kue ulang tahun tersebut diantaranya adalah sponge cake, butter, cake, chiffon cake, pound cake, carrot cake, genoise cake, dan biscuit cake. Semua jenis kue tersebut cocok dijadikan dan dihias sebagai kue ulang tahun.

 

4. Pernah dijual dengan harga 1 triliun
Melansir CNBC, seorang desainer asal Inggris, Debbie Wingham membuat kue ulang tahun seharga 75 juta dolar atau sekitar Rp. 1 triliun. Kue ulang tahun termahal di dunia itu memiliki berat 450 kilogram, termasuk 113 gram dari fondant dan hiasan lain. Membutuhkan waktu lebih dari 1100 jam untuk membuat kue ulang tahun tersebut. Hal tersebut dikarenakan banyak kue dengan bentuk patung kecil yang harus dipahat dengan tangan terlebih dahulu. Terdapat sekitar 4000 berlian, termasuk berlian merah muda 5,2 karat, berlian kuning 6,4 karat, dan 15 berlian putih 5 karat dalam kue tersebut.

 

5. Bisa dilapisi dengan berbagai bahan
Kue ulang tahun identik dengan bahan pelapis dan hiasan yang menarik. Berbagai jenis kue ulang tahun umumnya cocok dipadukan dengan beberapa bahan lapisan kue, seperti buttercream, ganache, royal icing, plastic icing, dan glaze. Namun sebaiknya perhatikan tekstur dasar kue dan bahan pelapis yang digunakan agar hasil akhir kue bisa sempurna.

 

6. Ada banyak kreasi
Kreasi ulang tahun terus bertambah banyak dengan variasi warna, bentuk, dan cita rasa yang tidak kalah menarik. Beberapa kreasi kue ulang tahun yang populer belakangan ini adalah rainbow cake, red velvet cake, cheesecake, ice cream cake, hingga mango mousse cake.


Itulah fakta menarik kue ulang tahun yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga bermanfaat !

 

Tampilkan Susun Daftar

9 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

9 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi