DIY Pengharum Kulkas dari Bahan Alami

Kulkas adalah alat yang membantu kita menyimpan bahan makanan supaya tetap segar. Kulkas beraroma tidak sedap adalah salah satu kendala yang banyak dihadapi banyak orang. Aroma tidak sedap tersebut tentu membuat kita kurang nyaman setiap kali membuka kulkas. Selain mengganggu bau tidak sedap di dalam kulkas juga bisa menyebabkan makanan juga menyerap bau tersebut.

Beberapa jenis kulkas modern saat ini sudah dilengkapi fitur penghilang bau tidak sedap. Namun tidak perlu khawatir jika kulkas dirumah belum dilengkapi fitur penghilang bau. Dilansir dari kompas.com, berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan menjadi pengharum kulkas dirumah.

1. Larutan Garam
Larutan garam ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas. Cara membuatnya kamu cukup larutkan garam dapur dengan air hangat. Kemudian celupkan spons ke dalam larutan garam dan gosok bagian dalam kulkas hingga bersih. Setelah kering, bau tidak sedap akan hilang seketika dan tergantikan dengan aroma yang lebih segar.

2. Lemon
Lemon tidak hanya dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, tapi dapat juga dijadikan sebagai pengharum kulkas. Caranya iris lemon menjadi beberapa bagian, lalu letakkan di dalam kulkas dan pastinya setiap tingkatannya terdapat irisan lemon. Diamkan irisan lemon selama beberapa hari, lalu ganti lemon jika sudah mengering dan lakukan selama beberapa hari. Kini bau tidak sedap akan hilang dan lakukan selama beberapa kali. Aroma kulkas akan tergantikan dengan aroma lemon yang menyegarkan.

3. Bubuk Kopi
Bubuk kopi memang dikenal sebagai salah satu campuran berbagai pengharum ruangan tak terkecuali pengharum kulkas. Selain aromanya yang harum, bubuk kopi juga dinilai efektif dalam mengusir bau tidak sedap. Siapkan semangkuk kecil bubuk kopi lalu letakkan ke dalam kulkas hingga bau membandelnya hilang. Biarkan bubuk kopi selama 24 jam di dalam kulkas.

4. Cengkeh
Cengkeh dikenal sebagai salah satu rempah yang memiliki aroma wangi khas dan kerap digunakan sebagai penambah cita rasa dan aroma pada makanan. Namun, ternyata cengkeh juga memiliki khasiat lainnya, yakni menghilangkan bau tak sedap pada kulkas. Caranya, siapkan beberapa butir bunga cengkeh kering, lalu letakkan di dalam kulkas, bau tidak sedap pun akan hilang.

5. Cuka
Kandungan asam didalam cuka bisa dipakai sebagai pengharum kulkas. Hal ini karena kadar asam pada cuka berfungsi sebagai penetralisir bau tidak sedap. Caranya, tuangkan cairan cuka lalu tambahkan air hangat kemudian aduk dan masukkan kedalam botol semprot. Semprotkan seluruh bagian kulkas dengan larutan tersebut kemudian lap dengan kain atau tisu kering. Namun perlu diketahui bahwa cuka memiliki aroma yang keras dan menyengat sehingga pastikan isi kulkas kosong ketika kamu menyemprotkan cairan tersebut.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Yolers gunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada kulkas dirumah. Semoga bermanfaat!

Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Jeruk
    Jeruk Lemon 325gr
    Rating:
    40%
    15%
    Regular Price Rp 8.750 Special Price Rp 7.438
    Quickview
  2. Lion Star
    Lion Star Sprayer Dx 500cc
    20%
    Regular Price Rp 32.900 Special Price Rp 26.500
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

6 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi