DIY : Ide Kreatif Membuat Pot Tanaman dari Barang Bekas

Dampak perubahan iklim mungkin sudah pernah kamu rasakan, seperti banjir di musim hujan, panas ekstrem di musim kemarau, hingga pola iklim yang tidak jelas. Peningkatan polusi lingkungan akibat kendaraan bermotor dan industri hingga penebangan hutan menjadi salah satu penyebab terjadinya perubahan iklim.
Tidak sedikit hal yang bisa kamu lakukan untuk memerangi dampak buruk perubahan iklim, salah satunya adalah dengan berkebun disekitar rumahmu. Halaman rumah bisa kamu manfaatkan untuk menanam tanaman hias, tanaman pertanian, atau jenis tumbuhan lainnya.
Banyak manfaat bisa kamu dapatkan dengan menanam tanaman yaitu membuat rumah menjadi lebih sejuk, menambah estetika rumah, meningkatkan kualitas udara disekitar rumah dan banyak manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan. Buat Yolers yang suka atau ingin mencoba menanam tanaman baik di luar maupun di dalam ruangan, beberapa kreasi pot tanaman dari barang bekas bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat pot tanaman dan dekorasi ruangan. Barang apa aja sih yang bisa di manfaatkan untuk dijadikan pot tanaman, diantaranya sebagai berikut :

1. Kaleng bekas minuman soda
Yang perlu kamu lakukan hanya melepas bagian permukaan atas kaleng dengan pisau atau gunting. Setiap kaleng yang kamu jadikan pot dapat kamu berikan variasi warna. Pot bikinanmu siap ditanam di tepi jendela yang kosong atau di halaman rumah dan tanaman pun akan mendapatkan sinar matahari yang cukup.


2. Kaleng Bekas Susu
Bersihkan kaleng bekas dari sisa-sisa tempelan kertas atau noda, lubangi bagian bawah kaleng sebagai tempat pembuangan kelebihan air saat tanaman disiram, cat dengan warna kesukaan kamu, kreasikan dengan menambah motif dot dengan warna yang berbeda.


3. Botol bekas minuman soda atau air mineral
Kamu dapat memulainya dengan membentuk pola kucing (atau bentuk karakter lain sesuai kesukaan kamu) pada permukaan botol dan mengguntingnya sesuai pola yang telah kamu buat. Setelah itu, tinggal kamu warnai dan gambar sesuai karakter yang kamu inginkan.


4. Cangkang telur
Kamu bisa memulai dengan buat retakan pada cangkang telur hingga bagian atasnya terbuka. Letakan cangkang telur pada tray telur. Isi cangkang telur dengan tanah, tanaman kecil atau biji tanaman kecil.


5. Cangkir kermik
Kita bisa mengguanakan cangkir yang sudah lama terpakai untuk dijadikan pot. Lubangi bagian bawah cangkir supaya kelebihan air saat menyiram bisa terbuang. Kemudian isi cangkir dengan tanah dan tanaman kecil atau bunga potong.

Bagaimana Yolers cukup mudah bukan? Jika perlengkapan dirumah belum lengkap atau sudah habis, perlengkapan tersebut bisa didapatkan di bawah ini!. Selamat berkreasi!

 

Tampilkan Susun Daftar

2 Items

per page
Set Descending Direction
  1. Telur
    Telur 1kg
    Rating:
    90%
    Rp 29.700
    Quickview
Tampilkan Susun Daftar

2 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi