DIY Body Scrub Agar Kulit Tetap Glow Up

Scrub merupakan salah satu produk perawatan kulit yang ampuh membantu menghilangkan sel kulit mati. Scrub juga bisa membantu mengatasi kulit wajah yang kusam. Penggunaan scrub bisa dilakukan sebanyak 1-2 kali dalam satu minggu secara rutin. Jika produk kecantikan yang beredar di pasaran khawatir membuat iritasi. Membuat DIY scrub sendiri menjadi alternatif terbaik. Bahan yang digunakan sudah terjamin natural dan alami tanpa tambahan bahan kimia yang merusak struktur dan jaringan kulit.

Berikut bahan-bahan dan cara membuat scrub yang bisa Yolers lakukan dirumah.

1. Madu dan Gula
Campuran madu dan gula akan menghasilkan scrub alami yang mampu membersihkan pori-pori, mengangkat sel-sel kulit mati, dan bahkan mengunci kelembapan. Cara membuatnya campurkan 1 sendok makan gula dan satu sendok makan madu ke dalam mangkok kecil. Ambil scrub secukupnya dan mulailah menggosok-gosokkannya ke wajah dengan gerakan searah jarum jam. Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih.

2. Minyak Kelapa dan Gula
Campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dan 2 sendok makan gula di mangkok kecil. Gosokkan campuran scrub tersebut ke wajah secara perlahan-lahan dengan gerakan melingkar selama 60 detik. Basuh wajah dengan air bersih.

3. Oatmeal dan Madu
Oat bisa mengangkat sisa-sisa minyak dari kulit dan menyembuhkan jerawat. Kandungan antioksidan dan antiinflamatorinya bisa melembutkan kulit kering dan menghilangkan sel kulit mati berkat kandungan saponins. Sedangkan madu dan minyak kelapa bisa melembutkan kulit sehingga perpaduannya cocok untuk kulit yang ekstra kering. Cara membuatnya masukan 3/4 cangkir oat ke dalam blender dan haluskan (agak kasar), campur minyak kelapa dan madu di mangkuk, kemudian tambahkan oat yang sudah di blender kasar. Diamkan sampai oat menyerap minyak dan madu.

4. Teh Hijau dan Gula
Teh hijau sangat kaya akan properti antioksidan dan anti-inflamatori. Selain itu banyak studi juga mengatakan bahwa teh hijau bisa mengurangi efek buruk dari matahari pada kulit. Cara membuat scrubnya celupkan teh hijau ke dalam air panas dan biarkan teh hijau di dalamnya sampai air mendingin, kemudian tuang gula ke dalam mangkuk, tambahkan minyak kelapa dan aduk rata semua. Kalau teh sudah dingin campur air teh ke dalam campuran gula. Kalau konsistensi sudah pas, simpan dalam toples dan siap digunakan!

5. Bye selulit dengan kopi
Semua orang bahkan supermodel terkenal punya selulit, kok. Jadi, sebenarnya kamu nggak usah malu, namun kalau mau memudarkan garis-garisnya juga boleh banget. Kafein dipercaya bisa memudarkan garis-garis selulit untuk sementara. Cara membuat scrubnya campurkan 1/4 kopi tubruk (bukan kopi instan), 1/4 cangkir garam halus, 1/4 minyak kelapa aduk hingga merata. Saat mandi usapkan scrub tersebut dengan gerakan melingkar pada bagian kulit selulitmu selama 3-5 menit, kemudia bilas.

6. Nanas dan Pepaya
Kedua buah ini memiliki enzim alami dan AHA untuk eksfoliasi yang lebih dalam sekaligus aman di kulit. Cara membuatnya campurkan 1/3 cangkir biji wijen, 1/3 cangkir nanas, 1/3 cangkir pepaya, lalu gilas sampai konsistensi berubah seperti bubur kental. Berhubung menggunakan bahan buah segar maka lulur ini tidak tahan lama. Sebaiknya dibuat untuk satu kali pakai saja.

Kini Yolers bisa membuat scrub sendiri dengan mudah dengan bahan-bahan alami yang ada dirumah. Dijamin kulit kamu bakal kinclong begitu PSBB dan Social Distancing selesai. Selalu manjakan diri kamu ya, walaupun saat pandemi sekalipun! Selamat Mencoba!

Jika bahan-bahan dirumah sudah habis, Yogya Online sediakan produknya di bawah ini ya!. Tinggal klik, produk diantar sampai depan rumah.

Tampilkan Susun Daftar

12 Items

per page
Set Descending Direction
Tampilkan Susun Daftar

12 Items

per page
Set Descending Direction
Copyright © 2018 Yogya Group. All rights reserved. Syarat & Ketentuan | Kebijakan Privasi